Cara Mudah Mengecek Artikel Ori Atau Copy Paste Dari Internet

Tutorial sederhana ini akan mencoba menjelaskan tips cara mudah mengecek sebuah artikel atau tulisan, apakah original atau hasil copy paste dari artikel orang atau sumber lain di internet.

Saya lebih suka cara yang simple atau sederhana seperti berikut ini. Caranya cukup copy sepenggal kalimat dari artikel yang dimaksud. Lihat contoh pada gambar di bawah ini, saya coba copy kalimat di salahsatu artikel catatan fb saya:

catatan-ori-khilafah-khilafatul-muslimin-nusafa-com
copy sepenggal tulisan untuk diuji ori atau copas nusafa.com

 

Setelah itu paste di pencarian lalu lakukan searching…., proses… selesai.

cek-tulisan-ori-khilafah-khilafatul-muslimin-nusafa-com
dari hasil pencarian membuktikan catatan fb saya original – nusafa.com

 

Lihat, jika sepenggalan kalimat yang dicopy tadi tidak muncul di pencarian berarti tulisan artikel tersebut original catatan fb saya. Tapi kalau bermunculan banyak situs yang publish tulisan yang sama, ditandai dengan tulisan lebih hitam tebal dari hasil pencarian, maka itu artinya tulisan atau artikel tersebut hasil copy paste dari internet. Atau tulisan ori milik kita di copas orang lain dan dipasang di web atau blog mereka.

Contoh tulisan copas di salahsatu catatan fb saya juga, hehehe

catatan-copas-khilafah-khilafatul-muslimin-nusafa-com
contoh ujicoba tulisan ini ori atau copas – nusafa.com

 

hasil-copas-khilafah-khilafatul-muslimin-nusafa-com
ternyata hasil copy paste karena hasil yang sama ditandai tulisan hitam tebal – nusafa.com

 

Sederhana kan?

Sebenarnya ada beberapa layanan situs yang mendukung pencarian status sebuah artikel apakah original atau copy paste. Saya akan urutkan dibawah ini tapi saya tidak akan membahasnya. Penjelasannya banyak di google tinggal ketik saja: Cara Cek Artikel Copy Pastecara cek artikel copy pasteCara Cek Kemurnian Artikel => Insya Alloh muncul tutorialnya banyak sekali mulai dari yang sederhana sampai yang ribet.

Komentar Facebook

Related Post

  • nah tergantung kayaknya terlepas dari urusan SEO atau Adsense, baiknya ada keterangan sumber biar gak salah paham sama empunya tulisan. kan ada yg gak suka tulisannya dicomot tanpa permisi

  • Kalau 1 paragraf saja yg di copas apakah ada masalah ya?