Melihat Fenomena Al Qur’an Di Zaman Ini

Category: Catatan 0

Sesungguhnya para aktivis membutuhkan Al Qur’an ini untuk dijadikannya sumber inspirasi. Mereka menjadikannya sebagai sumber inspirasi. Mereka menjadikannya sebagai sumber inspirasi dalam manhaj Harakah, langkah-langkah, dan tahapan-tahapannya; inspirasi dalam berbagai respon yang sesuai dengan langkah-langkah dan tahapan-tahapan tersebut; inspirasi tentang akibat yang menanti mereka di akhir perjalanan.

Al Qur’an dengan bentuk ini tidak lagi sekedar Kalam yang dibaca untuk dicari berkahnya, tetapi ia berdenyut hidup dan turun kepada jamaah muslim yang bergerak, agar mereka bergerak dengannya, mengikuti arahan-arahannya dan menantikan janji Allah di dalamnya.

Baca juga: Mereka Bersumpah Dengan Al Qur’an Lalu Mereka Melemparnya

Inilah yang kami maksud bahwa Al Qur’an tidak akan menyingkapkan rahasia-rahasianya kecuali kepada muslim yang bergerak dengannya untuk merealisasikan muatannya di dunia realitas. Bukan kepada orang yang membacanya hanya sekedar untuk mencari berkah. Juga bukan kepada orang yang membacanya sekedar untuk kajian ilmiah. Juga bukan kepada orang yang mempelajarinya hanya sekedar meneliti retorika di dalamnya!

Mereka semua tidak akan mendapatkan sesuatu yang berarti dari Al Qur’an ini. karena Al Qur’an ini tidak diturunkan untuk menjadi kajian seperti itu, melainkan sebagai materi Harakah dan arahan (lingkup praktek).

Dikutip dari Tafsir Fi Zilalil Qur’an

Related Articles