[Video] Benarkah Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Islam?

Category: Khilafah, Video 0 0

Toleransi dalam agama Islam

Seringkali yang kita dipahamkan melalui media-media disekitar kita mengenai Agama dan Toleransi. Bahwa sepatutnya ada sikap toleransi yang dilakukan antar umat beragama khususnya yang ada di Negara NKRI ini.

Bicara soal Agama dan Toleransi, itu artinya seseorang pemeluk agama tertentu memberikan sikap andil terhadap pemeluk agama lain. Hal yang paling umum terjadi seperti membentuk acara doa bersama lintas agama. Juga kunjungan ke acara-acara beda agama baik muslim ikut hadiri acara ke gereja atau pure dan sebaliknya. Itulah sekilas gambaran yang dapat dikemukakan disini mengenai toleransi beragama.

Nah, pertanyaannya bagaimana dalam Islam tentang hal tersebut?

Benarkah toleransi antar umat beragama dalam agama Islam ini dibolehkan?

Atau barangkali bagaimana Islam mengatur hal ini karena kita tahu bahwa Islam adalah agama yang sempurna?

Jawabannya ada dalam video dibawah ini, Kholifah Abdul Qodir Hasan Baraja berbicara mengenai hal tersebut serta berbicara mengenai yang lebih dari itu. Mari kita lihat cuplikan dokumentasi yang terekam ketika Kholifah sedang berdialog dengan Korem di Bandar Lampung yang sedang melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Khilafatul Muslimin.

 
Dialog Kholifah Abdul Qodir Hasan Baraja bersama utusan Korem

Sesungguhnya Islam mengajarkan prinsip kebebasan dalam beragama. Setiap pemeluk agama berhak atas agama yang dianutnya berdasarkan ajaran kitab suci masing-masing.

 

Khilafatul Muslimin adalah Sistem Islam

Sesungguhnya penyebaran Sistem Islam tidak menggunakan kekerasan apalagi paksaan terutama untuk memeluk agama Islam. Semua atas kesadaran setiap individu apakah memilih Islam atau memilih agama yang diyakininya.

Dalam Sistem Islam perlindungan atas warganya adalah sama, baik warganya beragama Islam maupun non Islam. Warga disini adalah yang menyatakan baiat dan tunduk kepada Khalifah serta siap melaksanakan kewajiban kepada sistem Islam. Adapun non muslim adalah warga yang tunduk kepada Khalifah serta siap melaksanakan kewajiban kepad Sistem Islam tanpa meninggalkan agama yang dianutnya.

Dengan aturan Sistem Islam yang sifatnya Rahmat bagi sekalian alam (Rahmatan Lil Alamin), tentunya akan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh warga. Baik yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan agama lainnya yang dilindungi pemerintah dalam sistem Islam, sistem Khilafah.

Related Articles

Add Comment