Convert Tanggal Kalender Masehi Ke Hijriah Secara Online dan Offline

Category: Tips Trik 27 0

Tanggal Hijriyah – Dewasa ini penanggalan yang sudah biasa digunakan di Nusantara Indonesia ini adalah penanggalan kalender Syamsiah atau Masehi. Artinya hitungan masehi yang dimulai dengan nama-nama bulan berikut: Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan berakhir Desember.

Jika kita mencoba menanyakan kepada orang-orang disekitar kita “sekarang hijriyah tanggal berapa?” Yakin, belum tentu tahu. Bahkan bulan pun belum tentu tahu. Hal ini karena kehidupan sekitar kita di Indonesia mendapat pengaruh dari penjajah dulunya sangat besar sekali.

Sehingga hampir semua bidang diganti oleh penjajah termasuk penggunaan abjad hijaiyyah menjadi alphabet latin. Begitu juga penanggalan hijriyah diubah menjadi penanggalan masehi. Begitu masa kemerdekaan, ditambah pemerintah menetapkan kalender kita menggunakan penanggalan masehi, bukan hijriyah lagi.

Jadi lengkaplah sudah alasan kenapa generasi kita hari ini lebih familiar dengan penanggalan masehi ketimbang penanggalan kalender hijriyah milik umat Islam.

Tapi sekarang Alhamdulillah, sudah mulai transisi. Dengan masuknya era internet dan android ternyata membawa kebaikan tersendiri. Diantara dalam urusan penanggalan Islam, orang sekarang dengan mudah cukup mengecek lewat internet atau install apps android, selesai.

Diantara cara saya mengetahui tanggal dan bulan dan tahun Hijriyah secara online adalah dengan mengunjungi situs Islamic Finder. Lalu menuju link dibawah ini:

Islamic Date Converter – Gregorian Calendar Converter

Disana tersedia pilihan convert tanggalan masehi ke hijriah atau sebaliknya, hijriah ke masehi. Untuk mengganti dari masehi ke hijriyah bisa dengan menekan button warna hijauh disudut kanan atas. Disitu ada tulisan SWICTH.

Kemudian ada Select a date to convert, disini isikan data tanggal – bulan – tahun yang hendak dicari untuk kemudian dikonversi ke penanggalan yang lain.

Kemudian di tengah terdapat button Convert, yakni untuk mengkonversi dari kalender masehi ke hijriyah atau dari kalender hijriyah ke masehi.

Apps Android Muslim Pro

Cara kedua yang saya lakukan adalah dengan menginstal aplikasi jadwal sholat di android. Apps android jadwal sholat yang saya suka gunakan adalah Muslim Pro. Apps android Muslim Pro bisa anda download melalui play store atau melalui link diatas.

Disana saya bisa cek waktu shalat berdasarkan GPS, juga tanggal masehi dan hijriyah dimuat dalam apps tersebut.

Aplikasi ini support online maupun offline. Jadi dengan mudah saya buka apps nya dan melihat hari ini tanggal berapa dan bulan berapa. Baik masehi maupun hijriyah ada muncul secara urutan.

Tanggal Hijriyah, Seberapa pentingnya Kalender ini bagi kita umat Islam?

Tanggal Hijriyah atau kalender Islam merupakan kalender standar yang harus digunakan oleh Umat Islam di seluruh dunia. Hal itu disebabkan banyaknya kewajiban dan amalan-amalan agama Islam yang ditentukan berdasarkan kalender Hijriyah ini.

Maka sebenarnya system penanggalan Hijriyah bukanlah milik Arab, tapi milik umat Islam, kaum muslimin dimana pun berada.

Semoga segera Islam ini kembali kepada tempatnya. Menguasai manusia dan menjadikan Islam diatas segalanya. Termasuk penanggalaan Islamiyah ini kembali diterapkan. Agar memudahkan kita yang muslim dalam menjalankan segala perintah Allah yang erat kaitannya dengan penanggalan. Aamiin.

Related Articles

Add Comment